leaves

.
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Membacakan Berita

Contoh pemberian jeda pada teks berita:
Sebelum diberi tanda jeda

KEJADIAN LUAR BIASA
Meninggalnya puluhan orang sekitar sebulan terakhir akibat penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang merebak di berbagai kota di Indonesia membuat kita semua tergugah untuk mewaspadainya. Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, Senin – seperti dikemukakannya di beberapa media massa- telah menetapkan keadaan itu sebagai kejadian luar biasa (KLB).
Sesudah diberi tanda jeda
KEJADIAN LUAR BIASA
Meninggalnya puluhan orang sekitar sebulan terakhir akibat penyakit demam berdarah dengue # (DBD) yang merebak di berbagai kota di Indonesia / membuat kita semua tergugah untuk mewaspadainya.// Menteri Kesehatan/Siti Fadilah SupariI/Senin Iseperti dikemukakannya di beberapa media massa /telah menetapkan keadaan itu sebagai kejadian luar biasa (KLB)//

b. Cara membacakan teks berita haruslah memperhatikan beberapa hal berikut:
1) Seorang pembaca berita harus memahami isi berita secara menyeluruh. Oleh karena itu, sebelum membacakan berita, ia harus membaca berita itu terlebih dulu dengan penuh konsentrasi dan berlatih membacakannya.
2) Menggunakan intonasi atau memberi tekanan suara pada kata-kata yang dianggap penting dengan tepat sehingga enak didengar.
3) Melafalkan kata-kata dengan tepat dan jelas (menggunakan artikulasi dengan jelas).
4) Mengatur volume suara agar jelas terdengar.
5) Memberikan jeda agar tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
6) Mengatur napas dengan seimbang.
7) Mengekspresikan setiap ucapan dengan tepat, seperti mimik wajah, sikap/posisi badan, dan gerak agar tidak terkesan monoton dan menimbulkan makna ganda bagi penyimak.
8)  Pembaca berita juga harus memperhatikan faktor pendukung lainnya, seperti penggunaan perangkat teknologi berupa komputer yang berisi gambar, foto, film, teks, atau animasi di luar teks berita yang akan dibacakan, pemilihan busana dan riasan (untuk pembacaan berita yang langsung berhadapan dengan pendengar), dll.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar